Jumat, 30 November 2012

PENGERTIAN EFEKTIVITAS



Efektifitas berasal dari kata efektif yang menurut kamus besar bahasa Indonesia berarti keberhasilan, manjur, atau mujarab. Jadi keefektifan pengajaran mengandung pengertian keberhasilan pengajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan pencapaian hasil belajar.
Efektifitas pembelajaran adalah hasil guna yang diperoleh setelah pelaksanaan proses belajar mengajar (Fitriani, 2011: 6).
Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran adalah suatu keadaan yang menunjukan sejauh mana hasil guna yang diperoleh setelah pelaksanaan proses belajar mengajar.
Adapun indikator dalam efektivitas dalam penelitian ini adalah:
a.       Ketuntasan belajar
Ketuntasan belajar dapat dilihat dari hasil belajar yang telah mencapai ketuntasan individual, yakni siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah yang bersangkutan.
b.      Aktivitas belajar siswa
Aktivitas belajar siswa adalah proses komunikasi dalam lingkungan kelas, baik proses akibat dari hasil interaksi siswa dan guru atau siswa dengan siswa sehingga menghasilkan perubahan akademik, sikap, tingkah laku, dan keterampilan yang dapat diamati melalui perhatian siswa, kesungguhan siswa, kedisiplinan siswa, keterampilan siswa dalam bertanya/ menjawab.
Aktivitas siswa dalam pembelajaran bisa positif maupun negatif. Aktivitas siswa yang positif misalnya; mengajukan pendapat atau gagasan, mengerjakan tugas atau soal, komunikasi dengan guru secara aktif dalam pembelajaran dan komunikasi dengan sesama siswa sehingga dapat memecahkan suatu permasalahan yang sedang dihadapi, sedangkan aktivitas siswa yang negatif, misalnya menganggu sesama siswa pada saat proses belajar mengajar di kelas, melakukan kegiatan lain yang tidak sesuai dengan pelajaran yang sedang diajarkan oleh guru.
c.       Kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran
Guru merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil pelaksanaan dari pembelajaran yang telah diterapkan, sebab guru adalah pengajar di kelas. Untuk keperluan analitis tugas guru adalah sebagai pengajar, maka kemampuan guru yang banyak hubungannya dengan usaha meningkatkan proses pembelajaran dapat diguguskan ke dalam empat kemampuan yaitu:
1)      Merencanakan program belajar mengajar (membuat RPP)
2)      Melaksanakan dan memimpin/ mengelola proses belajar mengajar
3)      Menilai kemajuan proses belajar mengajar
4)      Menguasai bahan pelajaran dalam pengertian menguasai bidang studi atau mata pelajaran yang dipegangnya.
Keempat kemampuan guru di atas merupakan kemampuan yang sepenuhnya harus dikuasai guru yang bertaraf profesional.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah kemampuan guru dalam melaksanakan serangkaian kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
d.      Respon siswa terhadap pembelajaran yang positif
Angket respon siswa digunakan untuk menjawab pertanyaan mengenai pembelajaran yang digunakan. Respon siswa adalah tanggapan siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika melalui penerapan pembelajaran kontekstual pada siswa. Model pembelajaran yang baik dapat memberi respon yang positif bagi siswa setelah mereka mengikuti kegiatan pembelajaran. Kriteria yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah minimal 80% siswa yang memberi respon positif terhadap jumlah aspek yang ditanyakan.

36 komentar:

  1. mau tanya, apakah kalo melihat efektifitas pembelajaran tidak hanya dilihat dari hasil belajar siswa saja,
    apakah harus dilihat dari aktifitas guru, aktifitas siswa, dan respon siswa juga..??
    mohon penjelasannya.
    trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul. krena kita bukan hanya melihat hasil, tetapi juga proses.
      adapun yang menyatakan cukup tiga sja. yaitu, hasil belajar,aktivitas siswa, dan respon siswa. memanng tujuan yang paling inti adalah hasil belajar siswa.

      katika aktifitas guru atau pengelolaan guru dalm pembelajaran efektif, aktifitas siswa dalam proses pembalajaran positif, respon siswa terhadap pelajaran dan pembelajaran yang diberlakukan juga positif maka ini akan memicu hasil belajar yang baik. sehingga dalam mengukur keefektifan pembelajaran, harus diukur keempat indikator tersebut. atau minimal tiga indikator (hasil belajar, aktifitas siswa dan respon siswa. wallahu a`lam bissawa`

      Hapus
    2. mas mau tanya keefektifan dengan keefektifitas beda atau samanya

      Hapus
  2. boleh minta daftar pustakanya gak?

    soalnya aku lagi butuh buku tentang efektivitas nih,,,,,mklum lgi nyusun skripsi.
    :)

    ni email aku risalmantofani@gmail.com

    ma ksih sblmnya,

    BalasHapus
  3. mohon bantuan..apakah ada pengertian efektifitas belajar...kalau ada beserta nama bukunya...nuwun..

    BalasHapus
  4. mohon banget minta minta daftar pustakanya, penting banget buat skripsi. feni.kartika@ymail.com
    makasih sebelumnya

    BalasHapus
  5. boleh tau ini bukunya judulnya apa ?
    perlu untuk skripsi ..
    priska.dayanti@ymail.com
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  6. mau tanya apakah indikator untuk efektivitas penggunaan media pembelajaran sama dengan efektivitas pembelajaran

    BalasHapus
  7. boleh minta daftar pustakanya? urgent ni bua skripsi. terima kasih. poppyulfah@gmail.com

    BalasHapus
  8. mau nanya ,,,apakah ada kriteria beberapa indikator di atas di katakan efektif dalam menilai suatu pemebelajaran boleh minta teorinya??

    BalasHapus
  9. maaf, boleh mnta daftar pustakany. tlong reply k email saya. trimaksh

    BalasHapus
  10. mohon maaf sebelumnya, boleh minta daftar pustakanya buat referensi skripsi. tolong kirim ke email saya may_himatika@yahoo.com
    terima kasih

    BalasHapus
  11. maaf sebelumnya, saya boleh minta daftar pustaka buat skripsi tolong kitim ke e-mail : siti.qomariyah1992@gmail.com..terimakasih maaf ngrepotin

    BalasHapus
  12. ini daftar pustakanya dr buku mana ya?
    boleh saya minta? karna saya lagi perlu untuk skripsi saya...
    klo tidak keberatan tolong emailkan dapusnya ya, ke email saya : atinarizky@yahoo.com
    maaf merepotkan.. terimakasih...

    BalasHapus
  13. saya boleh minta daftar pustaka.nya pak? dari buku/referensi mana terkait materi efektivitas diatas, email saya : she.mifta@gmail.com

    BalasHapus
  14. saya boleh minta daftar pustaka.nya pak? dari buku/referensi mana terkait materi efektivitas diatas, email saya : dhia.ikhwandhia@hmail.com

    BalasHapus
  15. Boleh minta daftar pustakanya pak? karna saya lagi perlu untuk skripsi saya pak.
    kalau tidak keberatan tolong emailkan pak, ini email saya norina.rifdah@gmail.com.
    maksih

    BalasHapus
  16. mohon maaf sekali boleh tidak saya minta dftr pustakanya, kirim ke email kamelinanurul84@gmail.com
    sy tunggu trmksh:)

    BalasHapus
  17. mohon maaf sekali boleh tidak saya minta dftr pustakanya, kirim ke email kamelinanurul84@gmail.com
    sy tunggu trmksh:)

    BalasHapus
  18. boleh mnta daftra pustakanya pak kirim ke kamelinanurul84@gmail.com

    BalasHapus
  19. maaf sama ma yg lain mau mnta daftar pustakanya...
    to ridwanhidayat01@gmail.com

    BalasHapus
  20. boleh minta daftar pustaka ?
    mohon bantuannya tahapsari@gmail.com

    BalasHapus
  21. mohon maaf sebelumnya, boleh minta daftar pustakanya buat referensi skripsi. tolong kirim ke email saya tom8622@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  22. ada yang tau refeerensinya ini?

    BalasHapus
  23. postingannya sangat membantu... mohon maaf, bolehkah saya minta daftar pustaka mengenai efektivitas pembelajaran? karena untuk melengkapi kajian pustaka skripsi saya... jika boleh tolong dikirimkan ke email saya santhysandoro@gmail.com
    terima kasih...

    BalasHapus
  24. Boleh kirim daftar pustakanya ke email saya azaliawo@yahoo.com.. Terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  25. Tolong krim daftar pustaka ny d email ini,,, whotedragon@yahoo.Co.id

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum...
    Mas mau nanya ketika model pembelajaran yg kita gunakan itu salah satunya untuk bisa membuat siswa kreatif. Apakah indikator efektifitasnya itu ditambah lagi atau gimana mas mohon arahannya?

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum wr wb.
    Maaf pak, boleh kah saya minta daftar pustaka nya ? Karena saya sedang menyusun skripsi tentang efektivitas dan keberhasilan belajar. Ini email saya riaselfiya19@gmail.com

    BalasHapus
  28. assalamualaikum pak. maaf pak. bolehkah saya minta daftar pustakanya pak? karena saya sedang menyusun skripsi tentang efektivitas mengajar. ini email saya niasonia.witari@gmail.com

    BalasHapus
  29. maaf senior, kata dosen pembimbing sy, kemampuan guru itu bkan indikator tp prasyarat yg harus ada., jd indikatornya itu hasil belajar, respon siswa, dan aktivitas siswa

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum pak,,mau tanya kira2 sama/beda antara pengelolaan pembelajaran dgn efektivitas pembelajaran guru dan mslh indikator efektivitas pembelajaran guru itu apa2 saja alat ukur nya ya,,karna sya lg nyusun tugas akhir sya, ini email sya hennynormianti93@gmail.com mhon pencerahannya trmksh.

    BalasHapus
  31. assalamu'alaikum pak, maaf saya boleh minta daftar pustakanya pak ? untuk melengkapi skripsi yang saya lagi susun, boleh dikirmkan ke email saya anwarkhoir91@gmail.com . terimakasih Pak

    BalasHapus
  32. assalammualaikum,, boleh naxa gk??
    bgmana cara menentukan efektivitas??
    cara menentukan prosentase efektivitas??
    ada kriteria prosentase efektivitas gk om??

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Maaf pak
    Bisa referensi atw sumbernya
    Dikirim ke
    Asrhy.arhy78@gmail.com

    BalasHapus