Efektifitas
berasal dari kata efektif yang menurut kamus besar bahasa Indonesia berarti
keberhasilan, manjur, atau mujarab. Jadi keefektifan pengajaran mengandung
pengertian keberhasilan pengajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan
pencapaian hasil belajar.
Efektifitas
pembelajaran adalah hasil guna yang diperoleh setelah pelaksanaan proses
belajar mengajar (Fitriani, 2011: 6).
Berdasarkan
pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran adalah
suatu keadaan yang menunjukan sejauh mana hasil guna yang diperoleh setelah
pelaksanaan proses belajar mengajar.
Adapun
indikator dalam efektivitas dalam penelitian ini adalah:
a. Ketuntasan belajar
Ketuntasan
belajar dapat dilihat dari hasil belajar yang telah mencapai ketuntasan individual,
yakni siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang
ditentukan oleh sekolah yang bersangkutan.
b. Aktivitas belajar siswa
Aktivitas belajar siswa adalah
proses komunikasi dalam lingkungan kelas, baik proses akibat dari hasil
interaksi siswa dan guru atau siswa dengan siswa sehingga menghasilkan
perubahan akademik, sikap, tingkah laku, dan keterampilan yang dapat diamati
melalui perhatian siswa, kesungguhan siswa, kedisiplinan siswa, keterampilan
siswa dalam bertanya/ menjawab.
Aktivitas siswa dalam pembelajaran
bisa positif maupun negatif. Aktivitas siswa yang positif misalnya; mengajukan
pendapat atau gagasan, mengerjakan tugas atau soal, komunikasi dengan guru
secara aktif dalam pembelajaran dan komunikasi dengan sesama siswa sehingga
dapat memecahkan suatu permasalahan yang sedang dihadapi, sedangkan aktivitas
siswa yang negatif, misalnya menganggu sesama siswa pada saat proses belajar
mengajar di kelas, melakukan kegiatan lain yang tidak sesuai dengan pelajaran
yang sedang diajarkan oleh guru.
c. Kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran
Guru merupakan salah satu faktor
yang mempengaruhi hasil pelaksanaan dari pembelajaran yang telah diterapkan,
sebab guru adalah pengajar di kelas. Untuk keperluan analitis tugas guru adalah
sebagai pengajar, maka kemampuan guru yang banyak hubungannya dengan usaha
meningkatkan proses pembelajaran dapat diguguskan ke dalam empat kemampuan
yaitu:
1)
Merencanakan
program belajar mengajar (membuat RPP)
2)
Melaksanakan
dan memimpin/ mengelola proses belajar mengajar
3)
Menilai
kemajuan proses belajar mengajar
4)
Menguasai
bahan pelajaran dalam pengertian menguasai bidang studi atau mata pelajaran
yang dipegangnya.
Keempat kemampuan guru di atas
merupakan kemampuan yang sepenuhnya harus dikuasai guru yang bertaraf
profesional.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah kemampuan guru dalam melaksanakan serangkaian kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah kemampuan guru dalam melaksanakan serangkaian kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
d.
Respon siswa terhadap pembelajaran yang positif
Angket respon siswa digunakan untuk menjawab
pertanyaan mengenai pembelajaran yang digunakan. Respon siswa adalah tanggapan siswa terhadap
pelaksanaan pembelajaran matematika melalui penerapan
pembelajaran kontekstual pada
siswa. Model pembelajaran yang baik dapat memberi respon yang positif bagi
siswa setelah mereka mengikuti kegiatan pembelajaran. Kriteria yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah
minimal 80% siswa yang memberi respon positif terhadap jumlah aspek yang
ditanyakan.
mau tanya, apakah kalo melihat efektifitas pembelajaran tidak hanya dilihat dari hasil belajar siswa saja,
BalasHapusapakah harus dilihat dari aktifitas guru, aktifitas siswa, dan respon siswa juga..??
mohon penjelasannya.
trimakasih
betul. krena kita bukan hanya melihat hasil, tetapi juga proses.
Hapusadapun yang menyatakan cukup tiga sja. yaitu, hasil belajar,aktivitas siswa, dan respon siswa. memanng tujuan yang paling inti adalah hasil belajar siswa.
katika aktifitas guru atau pengelolaan guru dalm pembelajaran efektif, aktifitas siswa dalam proses pembalajaran positif, respon siswa terhadap pelajaran dan pembelajaran yang diberlakukan juga positif maka ini akan memicu hasil belajar yang baik. sehingga dalam mengukur keefektifan pembelajaran, harus diukur keempat indikator tersebut. atau minimal tiga indikator (hasil belajar, aktifitas siswa dan respon siswa. wallahu a`lam bissawa`
mas mau tanya keefektifan dengan keefektifitas beda atau samanya
Hapusboleh minta daftar pustakanya gak?
BalasHapussoalnya aku lagi butuh buku tentang efektivitas nih,,,,,mklum lgi nyusun skripsi.
:)
ni email aku risalmantofani@gmail.com
ma ksih sblmnya,
mohon bantuan..apakah ada pengertian efektifitas belajar...kalau ada beserta nama bukunya...nuwun..
BalasHapusmohon banget minta minta daftar pustakanya, penting banget buat skripsi. feni.kartika@ymail.com
BalasHapusmakasih sebelumnya
boleh tau ini bukunya judulnya apa ?
BalasHapusperlu untuk skripsi ..
priska.dayanti@ymail.com
terima kasih sebelumnya
mau tanya apakah indikator untuk efektivitas penggunaan media pembelajaran sama dengan efektivitas pembelajaran
BalasHapusboleh minta daftar pustakanya? urgent ni bua skripsi. terima kasih. poppyulfah@gmail.com
BalasHapusmau nanya ,,,apakah ada kriteria beberapa indikator di atas di katakan efektif dalam menilai suatu pemebelajaran boleh minta teorinya??
BalasHapusmaaf, boleh mnta daftar pustakany. tlong reply k email saya. trimaksh
BalasHapusmohon maaf sebelumnya, boleh minta daftar pustakanya buat referensi skripsi. tolong kirim ke email saya may_himatika@yahoo.com
BalasHapusterima kasih
maaf sebelumnya, saya boleh minta daftar pustaka buat skripsi tolong kitim ke e-mail : siti.qomariyah1992@gmail.com..terimakasih maaf ngrepotin
BalasHapusini daftar pustakanya dr buku mana ya?
BalasHapusboleh saya minta? karna saya lagi perlu untuk skripsi saya...
klo tidak keberatan tolong emailkan dapusnya ya, ke email saya : atinarizky@yahoo.com
maaf merepotkan.. terimakasih...
saya boleh minta daftar pustaka.nya pak? dari buku/referensi mana terkait materi efektivitas diatas, email saya : she.mifta@gmail.com
BalasHapussaya boleh minta daftar pustaka.nya pak? dari buku/referensi mana terkait materi efektivitas diatas, email saya : dhia.ikhwandhia@hmail.com
BalasHapusBoleh minta daftar pustakanya pak? karna saya lagi perlu untuk skripsi saya pak.
BalasHapuskalau tidak keberatan tolong emailkan pak, ini email saya norina.rifdah@gmail.com.
maksih
mohon maaf sekali boleh tidak saya minta dftr pustakanya, kirim ke email kamelinanurul84@gmail.com
BalasHapussy tunggu trmksh:)
mohon maaf sekali boleh tidak saya minta dftr pustakanya, kirim ke email kamelinanurul84@gmail.com
BalasHapussy tunggu trmksh:)
boleh mnta daftra pustakanya pak kirim ke kamelinanurul84@gmail.com
BalasHapusmaaf sama ma yg lain mau mnta daftar pustakanya...
BalasHapusto ridwanhidayat01@gmail.com
boleh minta daftar pustaka ?
BalasHapusmohon bantuannya tahapsari@gmail.com
mohon maaf sebelumnya, boleh minta daftar pustakanya buat referensi skripsi. tolong kirim ke email saya tom8622@gmail.com
BalasHapusterima kasih
ada yang tau refeerensinya ini?
BalasHapuspostingannya sangat membantu... mohon maaf, bolehkah saya minta daftar pustaka mengenai efektivitas pembelajaran? karena untuk melengkapi kajian pustaka skripsi saya... jika boleh tolong dikirimkan ke email saya santhysandoro@gmail.com
BalasHapusterima kasih...
Boleh kirim daftar pustakanya ke email saya azaliawo@yahoo.com.. Terima kasih sebelumnya :)
BalasHapusTolong krim daftar pustaka ny d email ini,,, whotedragon@yahoo.Co.id
BalasHapusAssalamualaikum...
BalasHapusMas mau nanya ketika model pembelajaran yg kita gunakan itu salah satunya untuk bisa membuat siswa kreatif. Apakah indikator efektifitasnya itu ditambah lagi atau gimana mas mohon arahannya?
Assalamualaikum wr wb.
BalasHapusMaaf pak, boleh kah saya minta daftar pustaka nya ? Karena saya sedang menyusun skripsi tentang efektivitas dan keberhasilan belajar. Ini email saya riaselfiya19@gmail.com
assalamualaikum pak. maaf pak. bolehkah saya minta daftar pustakanya pak? karena saya sedang menyusun skripsi tentang efektivitas mengajar. ini email saya niasonia.witari@gmail.com
BalasHapusmaaf senior, kata dosen pembimbing sy, kemampuan guru itu bkan indikator tp prasyarat yg harus ada., jd indikatornya itu hasil belajar, respon siswa, dan aktivitas siswa
BalasHapusAssalamualaikum pak,,mau tanya kira2 sama/beda antara pengelolaan pembelajaran dgn efektivitas pembelajaran guru dan mslh indikator efektivitas pembelajaran guru itu apa2 saja alat ukur nya ya,,karna sya lg nyusun tugas akhir sya, ini email sya hennynormianti93@gmail.com mhon pencerahannya trmksh.
BalasHapusassalamu'alaikum pak, maaf saya boleh minta daftar pustakanya pak ? untuk melengkapi skripsi yang saya lagi susun, boleh dikirmkan ke email saya anwarkhoir91@gmail.com . terimakasih Pak
BalasHapusassalammualaikum,, boleh naxa gk??
BalasHapusbgmana cara menentukan efektivitas??
cara menentukan prosentase efektivitas??
ada kriteria prosentase efektivitas gk om??
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMaaf pak
BalasHapusBisa referensi atw sumbernya
Dikirim ke
Asrhy.arhy78@gmail.com